Bahan :

  • 250 gr daging Kambing, potong-potong ya biar muat langsung sekali nyam 😁
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah cabe rawit merah, iris kasar
  • 1/2 sdm bumbu gule jadi bagi yang males ribet ^_^
  • 4 sdm kecap
  • 500 ml air
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 buah tomat merah, potong dadu
  • 3 lbr daun kubis, iris kasar 
  • 1/2 sdm air jeruk nipis

Cara masak nya :

  • Tumis bawang merah n bawang putih hingga layu.
  • Masukin cabe, aduk sampe layu.
  • Tambahkan bumbu gule nya, aduk rata.
  • Masukin daging embek/kambingnya 😅 aduk-aduk hingga berubah warna.
  • Masukin kecap, air, merica, garam.
  • Didihkan dengan api kecil hingga daging empuk.
  • Tambahkan tomat, daun kubis, dan perasan air jeruk didihkan hingga layu. Angkat siap deh.. Selamat Mencoba 😎

image

Selamat pagi kebunku…..,rencana hari ini adalah panen si jari lentik😊 yup…siapa lagi kalo bukan Okra.
Hayoo ngaku siapa yang masih bingung memilih dan mengolah si cantik ini 😀, kita kenalan dulu ya sama si jari lentik Lady Fingers.

image

Okra adalah jenis sayuran serumpun dengan gambas, tetapi bentuknya mungil seperti cabai hijau dan hampir seluruh bagiannya ditumbuhi bulu-bulu halus. Bentuknya yang lentik menyerupai jari bikin sayuran ini di juluki Lady Fingers.

Okra bisa disajikan mentah sebagai lalapan atau diolah menjadi beragam sajian tumisan, salad, dan sajian berkuah. Tentu cara mengolah okra di tumis dan masakan berkuah akan berbeda, karena okra ini banyak mengandung lendir.

Simak ya 😉 berikut tips agar okra yang akan kita olah jadi spesial.
1. Pilih okra yang masih muda dan segar, cirinya berwarna hijau segar, ukuran panjangnya tidak lebih dari 12 cm, ujungnya meruncing dan seluruh bagian badannya ditumbuhi bulu-bulu halus.
2. Okra segar akan keluar getah lendir jika kita mengirisnya.
3. Okra yang kulitnya gembos, menandakan okra telah lama dipetik dari pohon.
4. Jika terlalu banyak okra yang kita petik atau beli, bisa dikemas dalam wadah kering lalu bungkus rapat dan simpan dalam lemari pendingin. Tapi nyimpnnya jangan lama-lama,sebulan atau bahkan sampai setahun 😂 karna okra hanya bisa bertahan 2 hari dalam suhu lemari pendingin. Lewat waktu itu akan merusak nutrisi dalam okra.
5. Kalau mau diolah jadi salad, okra cuci dulu bulu-bulu halusnya bisa kita pake sikat gigi halus yg sudah tidak terpakai atau gosok perlahan dengan spon cuci piring, kemudian iris tipis-tipis cuci dalam air hangat untuk menghilangkan lendirnya, nah siram dengan saus salad kesukaan kita 😋.
6. Okra enak juga bila dikukus, caranya cuci bersih okra lalu belah menjadi 2 bagian. Kukus 3-5 menit. Setelah itu angkat dan bumbui dengan garam dan merica.
7. Kalau okra mo dijadikan teman makan steak, cuci okra kemudian tumis menggunakan minyak zaitun. Agar lebih nikmat bumbui tumisan dengan merica, garam, dan bawang Bombay cincang.
8. Jika okra akan di buat sup, sebaiknya setelah di cuci rebus dahulu atau rendam air mendidih Selama 3 menit. Tiriskan baru dimasukkan dalam kuah sup.
Gimana dah siap buat nyobain resep Okra si jari lentik Lady Fingers. Dan……
Trimakasih sudah baca artikel ini 🤗

Awalnya karena pengen banget punya pot vertikultur heheee…😁 bener ga ya namanya itu, pokoknya pot yang kayak paralon berdiri dengan lubang – lubang memble disetiap sisinya.
Aku namain memble karna hampir mirip bentuk bibir ndoweh alias agak berat kebawah 😂 lanjut cerita coba – cobalah intip harga di toko online, tp hufff…harga nya lumayan juga hihiii…😅 akhirnya mulailah ide *kere_aktifnya 😎 pas lihat beberapa paralon bekas di teras belakang rumah 😇,
Siip gayung bersambut deh ,,mulai kita acara menukang 👍 langkah awal yang pasti kita siapin :
Yang pasti bintang utama kita PARALON bekas aja ya biar hemat, yang ku pake ukuran diameter 12 cm atau 4″, potong tinggi sesuai yang dimau dan buat garis bantu untuk menandai saat kita mo buat sayatan di sisi paralon.

image

senjata utama kita 😁 , yup…
GERGAJI aku pake gergaji besi punya si ayah, yang akan kita gunakan untuk memotong dan membuat sayatan di tiap sisi paralon yang nantinya akan jadi bubir si memble
Sebelumnya setelah paralon di potong sesuai dengan tinggi yang kita kehendaki, buat garis melintang di sisi – sisinya dengan jarak atas dan bawah kurang lebih 10 cm atau sesuai dengan kebutuhan tanaman yang nantinya akan kita tanamkan, setelah selesai membagi garis di tiap sisi gergaji pada garis yang telah kita buat

image

Selanjutnya kita buat bibir si memblenya dengan cara yang gampang aja hihiii….
Saya pakai kompor aja di dapur 😂 panaskan pas dibagian garis yang sudah kita gergaji tadi, setelah dirasa paralon sedikit mulai agak lunak gunakan CONGKEL saya pakai kayu pentungan 😁 untuk membuat bentuk bibir memble nya

image

Pelan – pelan ya pada saat mencongkelnya,, paralon akan mudah sobek pada saat kita mencongkel, rapikan bibir mblenya selagi belum dingin dan paralon mengeras kembali dan…..
Akhir cerita setelah semua dah terbentuk si memble kayak gini jadinya

image

Tinggal beri tatakan bawah pake pot untuk pot berdiri atau beri tutup paralon bawah untuk pot gantung, selanjutnya isi pot Dengan media tanam siram perlahan sampai media siap untuk di beri tanaman yang kita mau 😘

image

image

image

image

🤗 Selamat mencoba, trimakasih sudah baca artikel ini, semoga bermanfaat..
😉

image

Jengkol (Archidendron pauciflorum,sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) atau jeringa adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bangsa Barat menyebutnya sebagai dog fruit. Bijinya digemari diMalaysia (disebut “jering“), Myanmar(disebut “da nyin thee‘”), dan Thailand(disebut “luk-nieng” atau “luk neang“). Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan pangan.

Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap.

Musim panen Jengkol di Indonesia biasa kita dapati di bulan September dan Desember, Si Bau Yang digemari ini mempunyai tekstur yang kenyal dan rasanya yang menggugah selera makan, jengkol dipercaya oleh sebagian masyarakat dapat mencegah berbagai penyakit meskipun belum terbukti secara ilmiah. Namun demikian jengkol juga mesti diwaspadai karena dapat menimbulkan keracunan yang membahayakan tubuh, oleh karena itu diperlukan teknik yang tepat untuk mengolah jengkol menjadi hidangan yang nikmat.

Jengkol dalam keadaan matang keras, namun berubah menjadi lunak dan empuk setelah direbus atau sedikit liat setelah digoreng. Tekstur inilah yang membuatnya disukai, walaupun beberapa orang juga menyukai konsumsi biji mudanya dalam keadaan mentah yang jauh lebih keras dan pahit. Kulit biji memiliki getah berwarna keunguan yang meninggalkan jejak yang sulit dihapus dari pakaian. Semakin tua,warna biji akan mengarah ke warna kuning dan akhirnya merah atau coklat setelah benar-benar matang.

Aroma jengkol agak menyerupai petai tetapi lebih lemah. Namun setelah dikonsumsi, tubuh akan mengeluarkan bau menyengat melalui urin, feses dan keringat, yang dipercaya lebih mengganggu dibanding mengkonsumsi petai 😁

Biji jengkol dapat dimakan segar ataupun diolah. Olahan paling umum adalah semur jengkol, dan dikenal oleh orang Sunda sebagai ati maung atau “hati macan”. Jengkol dapat pula digoreng, dengan atau tanpa balado, atau digulai. Setelah diolah, jengkol akan mengeluarkan aroma khasnya yang bagi sebagian orang dianggap dapat menggugah selera dan memiliki citarasa yang khas, sedikit kelat dengan tekstur agak liat.
Selain disemur, biji jengkol juga dapat dibuat menjadi keripik seperti halnya emping dari melinjo, dengan cara ditumbuk/digencet hingga pipih, dikeringkan dan digoreng dengan minyak panas.

Efek negatif bau sebenarnya dapat dikurangi dengan perendaman atau perebusan. Nah yang penasaran ma si bau yang menggugah selera ini buruan deh serbu ke pasar 😊 selamat berburu jengkol
#trima kasih sudah nyempatin baca artikel ini 🤗 semoga bermanfaat

➿ Saat anda membeli 1 paket produk MSI dgn harga 300 rb sama dgn anda sudah punya 1 toko dgn potensi keuntungan 1jt perhari belum dengan rewad nya 571jt…itu di plan A saja…

➿ Silahkan direnungkan, Kalo modal buka kios pasti puluhan juta kan..??
Nah kalo di MSI..modal puluhan juta..bisa jadi Master STOKIS deh..

➿ Kalo udah punya toko, lakukan cara cerdas tawarkan produk, dan perbanyaklah buka cabang. Buka cabang di MSI modal nya tidak perlu jutaan cukup hanya 300rb plan A n 550rb di plan B total 850rb aja per cabang usaha…

➿ Jangan dijadiin bebanlah..kalo belum ada yg order,belum ada yg lirik dagangan kita.. atau cuma baru nanya-nanya.. gak pp..itu adalah sebuah proses..
Toh .. kita pasang photo narsis kita aja.. gak ada yg nawar..(malah bahaya kalo di tawar..) 😅

➿ Ayo.. di MSI kita cuma butuh fokus jualan.. Dan cari mitra bisnis dgn hanya bermodalkan 300rb.

Keuntungan lain nya,  tidak ada reset poin atau apalah-apalah..
Kita juga pasti akan mencapai tujuan..
Selalu yakin sama diri sendiri..pasti bisa..
Tetap semangatt terus.. ya ..

HARGA:
– 300rb = 5 Btl Bio Spray@100ml + Member seumur hidup+bisa diwariskan

Peluang Bisnis :
🔈Bonus Sponsor : Rp 50.000
🔈Pasangan : Rp 20.000 perhari
🔈Flush Out 50 pasang Pehari
🔈Potensi max tiap 1HU Rp 1.000.000 Perhari.
🔉Bonus ditransfer Harian.
🔉Bonus Reward plan A:
          🔊 25 : 25 =1jt/ Hp
          🔊 150 : 150 = 5jt / Laptop
          🔊 500 : 500 = 15jt / Motor
          🔊 5000 : 5000 = 150jt / avanza
          🔊 15000 : 15000 = 400jt / pajero

Reward plan B:
30 : 30   7.5 jt
150 : 150  20 jt
1000 : 1000 150 jt
5000 : 5000 400 jt

Semua reward dapat semua bukan pilihan dan tdk di ulang dari nol, akumulasi tampa batas waktu

MSI
Bisnis mudah, murah dan menjanjikan.
Salam Sukses

MSI Biospray merupakan produk yang mengandung 100% bahan alami yang di produksi oleh PT. Multy Sukses Internasional Bandung – Indonesia dan sudah mengantongin ijin depkes : 26404812081 serta MUI. Produk ini aman untuk pria dan wanita serta segala umur, karena kandungan yang 100% bahan alami terbuat dari penyulingan air bunga mawar yang dicampur ion perak, serta mengandung Vitamin C + Rumput laut. Sehingga tidak menimbulkan efek samping dan mampu mengatasi permasalahan wajah dan kulit. More info Wa : 087702675818🙂

biospray